Senin, 31 Januari 2011

HUJAN ASAM


Downloaded from US EPA website: http://www.epa...
Hujan Asam adalah air hujan yang terkontaminasi dengan suatu polutan. Polutan ini menyebabkan air hujan bersifat asam, diantara polutan air yang berpengaruh adalah SO2, NO2, CO2 dan sebagainya. Bila bereaksi dengan air maka akan terbentuk asam

INDIKATOR ASAM BASA
Indikator asam basa adalah suatu senyawa organik yaang dipakai untuk mengetahui titik akhir titrasi asam basa. Indikator ini sensitif dengan perubahan pH dalam larutan , jadi pada kisaran pH tertentu indikator ini memiliki perubahan warna, misalnya fenolpthalein yang tidak berwarna pada larutan asam dan berwarna merah jika dalam larutan basa, indikator lainya adalah metil merah, dan metil orange.

ASAM
  • menurut arhenius adalah zat yang bila dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion hidrogen.
  • menurut Bronsted-Lowry yaitu zat pendonor proton
  • Menurut Lewis asam adalah aseptor pasangan elektron bebas
 SINTESIS IONOTERMAL
yaitu sintesis solvotermal yang menggunakan liquid ionik sebagai pelarut.

 LIQUID IONIK
Pada umumnya garam seperti NaCl, CaCl2, KNO3, dan sebagainya apabila dipanaskan sampai mencapai titik lelehnya maka mereka akan terdapat dalam bentuk cair dimana cairan garam meleleh ini bersifat ionik (terion menjadi kation dan anion), hal ini juga berlaku bagi liquid ionik yaitu garam yang berwujud cair dan bersifat ionik, garam ini memang berwujud cair disebabkan titik lelehnyarendah dan pada umumnya pada suhu kamar berwujud cair (liquid), dan tentu saja didalamnya terdapat kation dan anion.
Karena sifatnya yang berwujud cair pada suhu kamar dan bersifat ion maka liquid ionik biasa dipakai sebagai pelarut, dipakai untuk medium reaksi, untuk membuat katalis, dipakai dalam fuel cell, dan sebagainya. contoh liquid ionik adalah sebagai berikut:
  • Garam imidazolium
  • [C4mim][Co(CO)4]
  • [Hbet][NTf2]
  • [Co3(bet)8(Hbet)2(H2O)2][NTf2]10[Hbet]2
SINTESIS SOLVOTERMAL
adalah metode sintesis untuk menumbuhkan kristal dari suatu campuran larutan non-air dalam suatu autoclave pada suhu lebih dari 400 derajat celcius dan tekanan yang tinggi pula. Biasa juga disebut sebagai metode solvotermal atau proses solvotermal.

AUTOCLAVE
adalah suatu alat laboratorium yang menerapkan tekanan dan suhu yang tinggi yang berasal dari uap air. Alat ini biasanya dipakai untuk tujuan sterilisasi alat dan medium eksperimen, untuk memasak makanan agar menjadi lunak, atau untuk eksperimen kimia yang memerlukan tekanan dan suhu tinggi. Alat ini biasanya terbuat dari baja. Dibidang industri banyak dipakai untuk melakukan reaksi yang memerlukan kondisi suhu dan tekanan tinggi, dalam bidang kedokteran, mikrobiologi, biokimia, biologi dipakai untuk mensterilisasi alat dan medium pertumbuhan bakteri,

PEMBAURAN SINAR LASER
Adalah salah satu metode yang dipakai untuk pengukuran massa molekul, banyak digunakan untuk penentuan struktur protein apakah termasuk monomer atau oligomer, dan banyak juga dipakai untuk mengukur ukuran massa agregat yang dihasilkan dari proses agregasi.

KONSTANTA DISOSIASI ASAM ( Ka )
Konstanta disosiasi asam (Ka) adalah tetapan kesetimbangan untuk reaksi pemindahan proton dari suatu asam ke air sehingga menghasilkan H3O+ Jadi jika ada asam misalnya HA maka:
HA + H2O  ->  H3O+  + A-
maka :
Ka = [H3O+][A-] / [HA]

FENOLPHTALEIN ( PHENOLPHTHALEIN ) PP
fenolphtalein (phenolphthalein) ata biasa disingkat sebagai pp adalah suatu senyawa organik dengan rumus C20H14O4 dan biasa dipakai sebagai indikator untuk titrasi asam basa. Tidak bewarna dalam larutan asam dan berwarna fuksia (pink) bila dalam larutan basa.
Bentuk terkonjugasi pp dapat ditulis dalam reaksi berikut ini:

METHYL ORENGE
Metil Orange (Methyl Orange) MO adalah senyawa organik dengan rumus C14H14N3NaO3S dan biasanya dipakai sebagai indikator dalam titrasi asam basa. Indikator MO ini berubah warna dari merah pada pH dibawah 3.1 dan menjadi warna kuning pada pH diatas 4.4 jadi warna transisinya adalah orange. Struktur indikator ini adalah sebagai berikut:

METHYL RED
Metil Merah (Methyl Red ) adalah senyawa organik yang memiliki rumus kimia C15H15N3O2, senyawa ini banyak dipakai untuk indikator titrasi asam basa. Indikator ini berwarna merah pada pH dibawah 4.4 dan berwarna kuning diatas 6.2. Warna transisinya menghasilkan warna orange. Srtuktur dari MO adalah sebagai berikut:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar